Sabtu, 07 Maret 2009

BENJOLAN DIBAWAH KULIT

Tanya :
Dokter, saya laki-laki, umur 38 tahun, pada lengan kanan dan lengan kiri saya dan juga di perut dan di dada ada benjolan kecil-kecil seukuran kacang tanah sampai telur puyuh. Benjolannya saya rasakan ada di bawah kulit. Kulit saya tidak tampak kelainan.Saya juga tidak merasakan sakit. Apa itu tumor dok ? Apakah berbahaya ? Apakah bisa diobati tanpa harus dioperasi ? Terimakasih atas jawabannya dok. (Tedi, Pontianak).
Dokter, saya wanita, 30 tahun, pada pipi saya ada benjolan sebesar telur puyuh, tidak terasa sakit. Pernah saya tekan keluar cairan kental warna putih dan berbau. Setelah itu membesar lagi. Apakah itu tumor dok ? bagaimana mengobatinya ? Tolong jawabannya dok dan terimakasih. (Neli, Mempawah).

Jawab :
Benjolan yang tidak normal dan tumbuh pada tubuh manusia disebut tumor.
Tumor yang tumbuh di permukaan tubuh , baik yang muncul diatas permukaan kulit maupun yang tumbuh di bawah permukaan kulit pada umumnya dapat cepat diketahui oleh penderita, karena letaknya yang dipermukaan sehingga mudah diraba oleh penderita sendiri.
Tumor sebagian besar yaitu sekitar 70-80 % adalah tumor jinak. Tumor jinak ini dapat tumbuh dibagian tubuh mana saja, mulai dari ujung kepala sampai telapak kaki, dapat mengenai kulit, jaringan bawah kulit, otot bahkan tulang.
Tumor-tumor jinak ini pada dasarnya tidak terlalu berbahaya bila dibandingkan dengan tumor ganas atau kanker. Tumor jinak akan tumbuh ditempat dimana tumor berasal tumbuh dan tidak akan merusak jaringan sekitarnya dan tidak akan menyebar jauh ke paru, otak atau organ vital lainnya seperti halnya yang terjadi pada kanker. Pertumbuhannyapun relatif lambat, dimana tumor membesar memerlukan waktu yang lama.

Tumor jinak di permukaan kulit
Nevus pigmentosus, yaitu tumor jinak berwarna hitam atau hitam kecoklat-coklatan, berupa nodus atau tonjolan atau sedikit timbul dan merata diatas permukaan kulit (berbentuk plaque), pada kulit. Bisa terjadi dibagian tubuh mana saja., pada wajah, lengan, paha atau anggota tubuh lainnya.
Verruca atau kutil adalah tumor berbentuk tonjolan yang dilapisi oleh kulit yang keratosis sehingga permukaannya kasar dan tak teratur. Umumnya terdapat di kulit lengan atau tungkai, telapak kaki. Dapat singel atau multipel. Biasa orang sering menyebut kapalan. Penyebabnya adalah virus
Klavus adalah kelainan berbentuk tonjolan diatas permukaan kulit, menyerupai mata ikan di kulit telapak kaki yang sering nyeri bila dipakai jalan.
Kornu kutaneum merupakan kelainan kulit berupa tanduk kecil dan keras di kulit, umumnya terdapat di tungkai atau lengan.
Dermatofibroma adalah tumor kecil di kulit dengan konsistensi keras, berwarna coklat , menyerupai keloid.
Keloid adalah benjolan yang terjadi akibat pembentukan jaringan parut berlebihan yang tidak sesuai dengan bertanya trauma. Parut yang terjadi menebal dan melebar melampaui batas tepi luka. Sering mengenai daerah sternum(dada bagian tengah), bahu, pinggang, cuping telinga, wajah, payudara. Penyebabnya ada faktor keturunan atau bakat keloid.

Tumor jinak di bawah kulit (subkutan)
Kista sebacea atau ateroma adalah tumor kulit yang berbentuk kantung yang dilapisi epitel kelenjar, terdapat di kulit atau jaringan bawah kulit dan berisi sebum yaitu masa kental seperti bubur. Kista ini terjadi karena ada pembuntuan saluran kelenjar sebacea atau kelenjar lemak kulit. Dapat berukuran besar sebesar telur bebek.
Lipoma ialah tumor jinak jaringan lemak. Dapat single atau multipel, jumlahnya bisa mencapai puluhan. Bentuknya bulat, oval, bila dipegang terasa lunak sampai kenyal atau padat. Bila dibiarkan bisa tumbuh sampai ukuran sangat besar, bahkan ada yang mencapai 10 kg atau lebih dan dapat menggantung dari kulit seperti buah.
Kista dermoid, adalah suatu kista atau tumor yang berisi cairan kental seperti bubur yang disebut sebum, bisa berisi rambut, dimana kantungnya dilapisi oleh dermis. Umumnya letaknya pada bidang garis tengah tubuh. Dapat tumbuh di kepala, badan atau perut . Didapatkan pada anak-anak atau pada bayi sejak lahir.
Kista epidermoid adalah suatu kista yang kantungnya dilapisi epidermis berisi massa kental. Sering terdapat di kulit telapak kaki atau tangan. Penyebabnya diduga trauma dimana sel epidermis masuk ke subkutan dan tumbuh disana.
Fibroma ialah tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat. Konsistensinya tergantung dari banyaknya jaringan ikat yang terdapat dalam tumor. Bisa teraba sangat keras.
Hemangioma adalah tumor jinak yang berasal dari pembuluh darah. Tumor ini berwarna merah atau kebiru-biruan. Terutama terdapat pada bayi dan anak-anak. Terletak di kulit atau dibawah kulit (subkutan), sebagian besar didaerah kepala dan leher.
Limfangioma, adalah tumor jinak yang berasal dari pembuluh limfe. Umumnya sudah ada sejak lahir atau timbul pada masa anak-anak. Sebagian besar terdapat di kepala dan leher.
Tumor desmoid ialah tumor jinak jaringan ikat yang umumnya berasal dari fascia atau selapu pembungkus otot dari fascia otot perut (musculus rectus).
Neurofibromatosis, merupakan penyakit kongenital, dimana tumor ini terletak di kulit atau subkutan , multipel (jumlah banyak) dengan konsistensi lunak. Biasanya disertai hiperpigmentasi kulit, dimana kulit menjadi lebih gelap, berupa plaque berwarna coklat. Dapat menyerang daerah wajah, badan, lengan kaki , bahkan seluruh tubuh.
Ganglion, merupakan suatu tumor berbentuk kista berisi cairan bening kental dengan dinding tipis yang berasal dari tonjolan selaput sinovia sendi atau sarung tendo. Biasanya terdapat di sekitar sendi, yang tersering di pergelangan tangan atau belakang lutut (fosa poplitea). Ukurannya dapat membesar dan menyebabkan keluhan sering pegal.
Limfadenitis adalah pembesaran kelenjar getah bening yang diakibatkan adanya infeksi baik oleh kuman TBC atau bukan.
TBC kelenjar sering mengenai daerah samping leher , bai pada anak maupun dewasa.
Penderita biasanya mengelu adanya benjolan di samping leher kiri atau kanan atau keduanya.
Cara Pengobatannya
Tumor jinak pada umumnya harus diobati dengan cara operasi, yaitu pengangkatan tumornya. Operasi dapat dilakukan dengan pembiusan lokal, kecuali pada keadaan tidak memungkinkan seperti pada anak kecil atau pada orang dewasa yang takut disuntik dan tidak tahan nyeri, atau juga karena tumornya ukurannya sangat besar sebaiknya dilakukan dengan bius umum.
Setelah diangkat tumornya, harus diperiksakan ke bagian patologi anatomi, agar dapat diketahui secara pasti jenis histopatologinya.
Bila jinak maka dengan pengangkatan tumro tersebut penderita dinyatakan sembuh.
Pada kasus infeksi seperti pada TBC kelenjar, maka harus dilanjutkan dengan pengobatan penyakit TBC nya yang memakan waktu 6-9 bulan.
Untuk sdr Tedi mungkin penyakit sdr adalah lipoma, sementara sdri Neli kemungkinan penyakit anda adalah kista ateroma. Namun untuk memastikannya, sebaiknya sdr periksa ke dokter. Pengobatannya adalah dengan cara operasi.
Semoga pertanyaannya sudah dapat terjawab. Bila masih kurang jelas, atau diantara para pembaca ada yang ingin bertanya tentang masalah tumor dan kanker, dapat menghubungi HP 081321862268 atau ke Pontianak Post atau ke Klinik Tumor dan Kanker Pontianak (Klinik Rosye Jaya Medika) di Jl.A.R Saleh (BLKI) No. A-5 Pontianak, Telp. 0561-583999..
Untuk konsultasi : 1. Klinik Bedah Onkologi RSUD Dr. Soedarso
2. Klinik Tumor dan Kanker Pontianak

20 komentar:

  1. anak saya berumur 2,5 tahun terdapat tumor seperti kista pada lengannya, setelah dioperasi terdapat cairan yang membuat lengannya bengkak akhirnya cairan tsb disedot, termasuk tumor jenis apa yg diderita anak saya?

    BalasHapus
  2. ayah saya pernah di operasi pengangkatan tumor jinak di bawah kulit sampai dua kali kok masih tetap ada ya??? pertamanya kata dokter yang menangani "Kanker ini tidak akan tumbuh lagi, tetapi selang 1 tahun benjolannya muncul lagi, setelah di konsultasikan ke dokter katanya harus di operasi kembali dan setelah selang 1 tahun lagi, benjolannya tetap muncul?
    mohon penjelasannya, cara dan bagaimana tindak lanjut?

    BalasHapus
  3. itu kemungkinan karena tumor yang diangkat tidak seluruhnya, ibaratnya masih ada akarnya gitu...
    itu sih kata pak dokter yang mengangkat kista epidermal saya.. ukurannya sekitar 2,5 cm, tapi jaringan yang diangkat oleh dokter bisa sampai 3 cm.
    gitu ya dok?

    BalasHapus
  4. Pak Dorter, saya seorang pria berusia 36 tahun, di seluruh tubuh saya pada kulit banyak sekali benjolan kecil, katanya ganglion an kalau dingkat akan muncul kembali. apakah benar dokter demikian. dan jika tidak apakah ada obatnya untuk menghilangkan benjolan-benjolan tersebut

    BalasHapus
  5. dr saya mau tanya,..suami saya ada benjolan di lengannya,.. setiap hbs mandi ato pergantian cuaca dr panas dan dingin atau sebaliknya, dia merasa kesakitan seperti disulut2 rokok katanya. itu termasuk tumor apa dok, dan apabila di operasi resiko terburuknya apa. suami punya penyakit darah tinngi dan asam urat. terima kasih sekali atas penjelasannya dr.

    BalasHapus
  6. dok saya mau tanya, di telapak tangan anak saya yg berumur 3,5thn timbul benjolan yg menyerupai kutil tp makin lama makin tambah banyak..apakah ini termasuk tumor?disebabkan oleh apakah benjolan ini?bagaimana mengatasinya?
    terima kasih

    BalasHapus
  7. dok, saya mau tanya.. di lengan tangan saya terutama di bawah kulit muncul benjolan kecil-kecil dan semakin hari semakin banyak tapi tidak gatal dan dan tidak sakit. benjolan yg paling besar berdiameter kurang lebih 0,5cm. tapi krena jumlahnya banyak aku jd sedikit khawatir.. benjolannya berwarna putih. kira kira ini penyakit apa ya dok? berbahaya gk dok?

    BalasHapus
  8. thanks info benjolan di bawah kulit

    BalasHapus
  9. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hidup akan menjadi indah jika kita bisa bermanfaat untuk orang lain.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  10. selamat siang pak mau tanya nih,di pinggang dan perut saya ada benjolan segede kacang dan telur puyung,kadang 2 gatel nanti hilang lagi mohon informasinya dok ini kangker atau apa makasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. Asslm'alkm pak dokter, saya seorang peria berumur 30th. maaf saya mau tanya nih dok,..! dipangkal paha (dekat anus) saya ada benjolan, pada awalnya benjolan itu kecil seperti bekas gigitan nyamuk tapi lama kelamaan benjolan itu semakin besar bahkan sekarang sudah sebesar telor poyu dan benjolan itu ketika saya pagang dan saya remas-remas tidak ada rasa sakit sedikitpun, bentuknya bulat tidak keras (lembut) seperti menggantung di kulit paha warnanya biasa seperti warnah kulit saya.
    apakah benjolan saya itu termasuk tumur juga dok? dan bagaimana cara menghilangkannya.?

    BalasHapus
  12. maaf dok, saya ada benjolan di kepala, diatas pelipis kiri. benjolan sudah ada mulai kecil dan terus membesar. dulu pernah diperiksakan katanya uci uci. nah umur saya sekrng 24 tahun dan baru tahu uci2 adalah tumor ternyata. dan sekarang ukurannya sebesar 4 cm berbentuk lonjong. kalo dulu terasa ngk nyeri sama sekali, tp mulai 2 bulan ini dah terasa nyeri. kira kira termsuk tumor yang mana dok ya. dibawah kulit. kl dulu memang lunak, tp sekarang dah mulai keras dan terasa nyeri dikepala. saya berpikiran untuk memilih obat herbal. kira2 apa ya dok. mohon bantuannya dok.

    BalasHapus
  13. dok, di pipi sebelah kiri Saya ada benjolan sebesar kacang tanah, sudah beberapa tahun ini benjolan itu ada, Kalo di pencet Gak terasa Sakit dan bisa bersifat ga tetap/bisa bergeser kemudian kembali ke tempat semula. kira kira kenapa ya dok?

    BalasHapus
  14. dok,saya bingung sakit apa yang ada di kulit saya.. awal nya terasa gatal lalu muncul benjolan" kecil dan lama lama jadi tamnbah.. kalau di garut jadi merah gtu,. sakit apa itu yah dok?

    BalasHapus
  15. Selamat Siang dok,

    saya punya tumor pembuluh darah di bawah telapak kaki sepertinya berupa pembuluh aorta yang membengkak dan memipih berbentuk kantung, terkadang membengkak bulat tapi kenyal, kalau sudah diurut mengempis kembali, apakah yang terdapat di dalam kantung tersebut merupakan cairan darah kotor, apakah perlu dikonsultasikan dengan dokter bedah, terima kasih dok

    BalasHapus
  16. Dok , di pangkal tangan dekat ketiak saya ada semacem benjolan agak keras dan mengakibatkan sakit bila saya tekan , saya pikir ini gara gara otot keseleo tapi sudah seminggu ini tidak kunjung hilang kira kira itu apa dok ?
    trima kasih

    BalasHapus
  17. siang dok. saya memiliki benjolan sebesar telur puyuh, tapi kalau disentuh benjolan tersebut terasa kenyal seperti berisi cairan mirip nanah.
    Apakah cara penyembuhannya hanya bisa dengan cara oprasi atau bisa dilakukan dengan terapi atau pengobatan tradisional dok.?

    BalasHapus
  18. dok saya mempunyai benjolan kecil di dada sebesar kira" sebesar kancing celana lepis usi saya 20thun saya pria
    apakah benjolan ituhh berbahaya?dan apa nama nya?

    BalasHapus
  19. Pagi Dok, mau konsultasi saya dari Singkawang, di perut saya sebelah kiri dan di tengah serta beberapa ada benjolan sebesar kacang tanah... munculnya sekitar seminggu yang lalu, awal nya hilang muncul, tapi sekarang malah muncul trus ngak ilang-ilang, kira2 gejala apa ya dok,, mohon infonya...

    BalasHapus
  20. dok,mau tanyak
    di pipi saya terdapat benjolan tapi tidak nampak.apa ini hanya kelenjar atau yang lain?apa penyebanya dok? makasiii

    BalasHapus