Sabtu, 07 Maret 2009

KANKER PAYUDARA STADIUM LANJUT,MASIH ADAKAH HARAPAN SEMBUH ?

Tanya :
Dokter, isteri saya terkena kanker payudara kanan , sudah diperiksa ke dokter, termasuk pemeriksaan biopsy tusuk jarum. Sudah dirontgent, dan USG ternyata sudah menyebar ke liver . Dikatakan oleh dokter, sudah stadium 4. Sudah dilakukan kemoterapi 2 kali, namun belum sembuh, dan isteri saya jadi putus asa, tidak mau melanjutkan pengobatan lagi. Bagaimana pengobatan selanjutnya dok ? Tolong dijawab (Ardi, Pontianak).

Jawab :
Banyak sekali pertanyaan serupa yang diajukan kepada saya yang pada intinya menanyakan apakah kanker stadium lanjut masih dapat disembuhkan. Kasus atau jenis kanker yang ditanyakan juga bermacam-macam, selain yang ditanyakan diatas, ada juga kasus kanker kelenjar gondok, kanker kulit, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening , dll.
Pada umumnya mereka berharap bahwa kanker yang menimpa keluarga atau dirinya tersebut masih dapat disembuhkan dalam arti sebenarnya seperti penyakit lain. Artinya mereka berharap kanker dapat sembuh dan penderita dapat sehat seperti semula. Suatu hal yang sangat manusiawi.

Ukuran Kesembuhan
Pada kanker atau tumor ganas, terdapat beberapa istilah atau ukuran yang menggambarkan tingkat harapan kesembuhan.
Cure atau sembuh adalah istilah yang menggambarkan sembuh secara klinis dimana tidak ada kanker lagi yang terdeteksi dan penderita memiliki harapan hidup yang sama dengan orang sehat.
Survival rate atau tingkat harapan hidup, menggambarkan berapa lama dan berapa persen penderita kanker dapat bertahan hidup pada suatu fase waktu , misalnya 5 tahun, 10 tahun dst.
Disease-free interval atau tingkat bebas dari kekambuhan, menggambarkan berapa lama waktu bebas kanker secara klinis setelah diobati sampai terjadi kekambuhan kembali penyakit kankernya.
Respons pengobatan, menggambarkan respons suatu kanker terhadap suatu upaya pengobatan baik kemoterapi, radioterapi, artinya setelah diberikan kemoterapi atau radioterapi maka ukuran tumor apakah akan mengecil, tetap atau malah makin membesar.
Secara umum yang terlihat oleh penderita dan keluarga adalah respons pengobatan. Namun respons pengobatan tidak identik dengan tingkat harapan hidup dan tingkat bebas dari kekambuhan maupun kesembuhan.
Tiap Kanker Berbeda
Sifat kanker satu dengan yang lain sangat berbeda sifatnya. Ada kanker yang sifatnya sangat jahat dan cepat sekali merusak ke jaringan disekitarnya dan menyebar jauh, namun ada juga kanker yang relatif baik yang jarang sekali menyebar jauh.
Ada juga kanker yang sifat kekambuhan lokalnya sangat tinggi, walaupun sudah dioperasi maupun radioterapi. Ada juga kanker yang sering kambuh di tempat jauh walaupun sudah dioperasi dan di kemoterapi.
Kanker yang sama juga memiliki sifat yang berbeda. Sebagai contoh kanker payudara, memiliki tipe histopatologi yang berbeda yang masing-masing akan mempengaruhi sifatnya apakah jahat sekali atau hanya jahat saja.
Demikian juga kanker jaringan lunak , banyak sekali subtypenya yang masing-masing memiliki sifat yang berbeda sifat kejahatannya.
Kanker yang masih bersifat agak baik dan hampir dapat disembuhkan dengan cara operasi adalah kanker kulit basal cell carcinoma. Bila belum terlalu besar, dengan operasi radikal sampai tepi dan dasar sayatan bebas tumor, maka kanker ini dapat sembuh total , dan jarang kambuh dan sangat jarang sekali bahkan hampir tidak pernah menyebar jauh.
Kanker yang berespons sangat baik dengan kemoterapi adalah kanker kelenjar getah bening. Kanker ini pengobatan utamanya memang dengan kemoterapi. Walaupun ukurannya besar, namun setelah diberi kemoterapi akan mengecil dan bahkan hilang. Respons atau hasil kesembuhannya relatif baik,.
Pengobatan kanker, sebagian besar merupakan pengobatan multimodalitas, artinya diperlukan beberapa upaya pengobatan sekaligus. Pengobatan dapat berupa kombinasi kemoterapi-operasi-kemoterapi. Bisa juga operasi-kemoterapi, atau kombinasi kemoterapi dan radioterapi. Ada juga yang dilakukan operasi-kemoterapi lalu terapi hormon. Selain itu juga ada yang radioterapi-operasi dan kemoterapi. Namun ada juga kanker yang dapat disembuhkan dengan satu cara pengobatan , misalnya operasi saja atau kemoterapi saja. Tergantung pada jenis kankernya, jenis pengobatan mana yang harus diberikan.
Harapan penderita, keluarga maupun dokter adalah kesembuhan total penderita. Namun hingga saat ini dengan semua jenis pengobatan yang ada, masih ada beberapa kanker yang walaupun sudah diobati dengan semua pengobatan , namun masih juga bisa kambuh dan belum dapat dicapai kesembuhan total.
Pada umumnya, semakin dini stadium kanker saat diobati, maka tingkat harapan hidup atau survival makin tinggi dan tingkat bebas penyakit semakin lama, serta semakin kecil resiko kekambuhan. Demikian pula sebaliknya.
Untuk kanker stadium empat, artinya kanker sudah menyebar ke tempat jauh, pengobatannya adalah dengan pengobatan yang bersifat sistemik yaitu dengan kemoterapi atau terapi hormon, tergantung pada jenis kanker dan sifatnya.
Sayangnya ,tidak semua kanker berespons baik dengan kemoterapi. Pada kasus-kasus demikian , maka upaya pengobatan ditujukan pada upaya paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup penderita, bukan lagi kuratif untuk mencapai kesembuhan.
Menghadapi cobaan yang menimpa isteri bapak yang terkena kanker stadium lanjut, yang terpenting adalah tetap berikhtiar, dengan menjalankan pengobatan yang memang sudah ada , yang dianjurkan oleh dokter yang merawatnya , sambil senantiasa berdoa, karena takdir hanya Allah yang punya. Pengobatan kemoterapi ada beberapa tahapan, ikuti saja apa yang sudah dianjurkan dokter, karena nantinya akan selalu diupayakan pengobatan penyakitnya sesuai perkembangannya.
Semoga pertanyaannya sudah dapat terjawab. Bila masih kurang jelas, atau diantara para pembaca ada yang ingin bertanya tentang masalah tumor dan kanker, dapat menghubungi HP 081321862268 atau ke Pontianak Post atau ke Klinik Tumor dan Kanker Pontianak (Klinik Rosye Jaya Medika) di Jl.A.R Saleh (BLKI) No. A-5 Pontianak, Telp. 0561-583999..
Untuk konsultasi : 1. Klinik Bedah Onkologi RSUD Dr. Soedarso
2. Klinik Tumor dan Kanker Pontianak

5 komentar:

  1. Silakan Coba Terapi transfer factor.
    http://transferfactroformula.wordpress.com

    BalasHapus
  2. dok,,
    cewe saya punya kanker payudara
    trus sering di pakein balsem,,
    boleh ngk,,
    ada ngaruh'y ngk ma payudaranya,,
    mksh dok

    BalasHapus
  3. dok,,
    sy mo ty,apakah sakit pd payudara ketika selesai haid berbahaya. gejala yg sering saya rasakan 1thn belakangan ini biasanya:
    -payudara bengkak & mengeras
    -puting klo kesentuh ato kesenggol sakit
    -suhu payudara lebih panas ketimbang badan
    -ada benjolan
    apakah gejala tersebut ada hubungannya dgn kanker payudara dok? terimakasih...:)

    BalasHapus
  4. salam kenal saya ahmad muslihan saya mau tanya dok.istri saya terkena tumor payudara selama 6 tahun kira2 kalau selama 6 tahun sperti apa kondisinya apa sdh membesar atau berkerut sprt jeruk

    BalasHapus
  5. dok,saya penderita ca mamae satd 2A,ca 15.3 dan ca 12.5 saya setelah proses kemoterapi malah naik dibandingkan dengan sebelum operasi.
    apakah artinya?

    BalasHapus