Sabtu, 07 Maret 2009

TUMOR DAERAH LEHER PADA ANAK DAN PENGOBATANNYA

Tanya :
Dokter, anak saya , wanita umur 12 tahun ada benjolan di leher di bawah dagunya yang saya ketahui sudah ada sejak kecil umur setahun dan saat itu masih kecil. Sekarang tumor itu sudah tambah membesar seukuran bola pimpong. Karena tidak ada keluhan rasa sakit, jadi sampai saat ini saya biarkan. Tumor apakah itu dokter, dan apakah berbahaya ? Tolong dijawab dok. Terimakasih. (Ny.Teti, Pontianak).
Dok, anak saya laki-laki, umur 6 tahun di bawah telinga kirinya ada benolan sebesar telur puyuh, yang saya ketahui baru 6 bulan. Sudah diperiksa ke dokter dan dikatakan tumor dari pembuluh darah dan harus dilakukan operasi. Apakah itu penyakit yang berbahaya dok ? Mohon jawabannya, terimakasih. (Ny. Endang, Ketapang)
Jawab :
Benjolan yang tidak normal pada tubuh disebut tumor. Tumor yang sebenarnya adalah adanya pertumbuhan sel tubuh diluar kontrol yang biasa disebut neoplasma. Disamping itu kelainan berupa tumor dapat disebabkan oleh kelainan kongenital atau kelainan bawaan lahir, infeksi , trauma dan lainnya. Tumor pada anak yang paling sering adalah yang disebabkan kelainan bawaan lahir dan infeksi.
Tumor atau benjolan di daerah leher pada anak yang sering didapatkan adalah kelainan bawaan lahir berupa kista brankhiogenik, kista duktus tiroglosus, higroma kistik leher, hemangioma. Selain itu karena infeksi pada kelenjar getah bening leher yaitu limfadenitis.
Kista duktus tiroglosus.
Gejala penyakit ini berupa adanya benjolan yang terdapat di sekitar garis tengah leher bagian depan bisa terletak di bawah dagu atau agak ke bawah di pertengahan leher , dan ikut bergerak waktu menelan atau bila lidah dijulurkan. Kelainan ini disebabkan adanya saluran atau duktus yang tidak menutup dengan sempurna sehingga terjadi kista. Pengobatan pada kelainan ini adalah dengan cara operasi seluruh kista dan duktus sampai di dekat pangkal lidah. Jika ada sisa duktus tertinggal, dapat terjadi kekambuhan.
Kista Brankhiogenik.
Kelainan ini berupa benjolan sejak lahir. Dapat berupa benjolan dengan permukaan kulit normal dapat juga disertai kulit kemerahan. Ada juga yang disertai keluarnya cairan dari lubang kecil disekitar benjolan, karena adanya fistel.
Benjolan dapat terletak di dekat depan lubang telinga, di leher samping kiri atau kanan di depan otot sternokleidomastoideus ( otot di samping leher kiri dan kanan ).
Pengobatan penyakit ini adalah dengan cara operasi pengangkatan benjolannya disertai salurannya. Bila pada pengangkatan tersebut masih tersisa fistel, dapat terjadi kekambuhan.
Higroma kistik koli
Keluhan penyakit ini adalah adanya benjolan di leher yang telah lama atau sejak lahir tanpa nyeri atau keluhan lain. Benjolan dapat berbenjol-benjol dan lunak, permukaannya halus. Kebanyakan terletak di leher. Higroma kistik ini dapat mencapai ukuran yang besar dan menyusup ke otot leher dan daerah sekitarnya seperti rongga mulut dan lidah. Penyebab kelainan ini adalah karena adnya kelainan pada pembuluh saluaran kelenjar getah bening atau pembuluh limfe.
Pengobatannya dengan cara operasi, pengangkatan seluruh massa kista. Bila ukuran kista terlalu besar dan mengenai organ vital, kadangkala pengangkatan hingga bersih sama sekali sulit dilakukan sehingga operasi dilakukan dengan pengambilan sebanyak-banyaknya kista.
Hemangioma
Hemangioma adalah tumor pembuluh darah . Ada dua golongan yaitu hemangioma kapilare dan hemangioma kavernosum.
Hemangima kapilare, kelainannya berupa bercak atau bintik warna kemerahan seperti anggur yang ada sejak lahir , kemudian membesar dengan cepat.
Hemangioma kavernosusm terdiri dari jaringan pembuluh darah yang membentuk rongga. Kelainannya berada di jaringan yang lebih dalam di bawah kulit dermis. Dari luar tampak benjolan berwarna kebiruan yang dapat dikempeskan dengan penekanan tetapi menonjol kembali bila tekanan dilepaskan. Kelainan ini dapat meluas dan menyusup ke jaringan sekitarnya. Jaringan diatas hemangioma dapat mengalami kekurangan oksigen atau iskemeia sehingga rusak dan dapat menombulkan tukak yang sulit sembuh. Pengobatan hemangioma kavernosus ini adalah dengan cara operasi.
Limfadenitis colli.
Limfadenitis colli adalah peradangan pada kelenjar getah bening di daerah leher.
Kelinan bisa berupa limfadenitis acut dan bisa juga limfadenitis tbc.
Limfadenitis acut terjadi sebagai akibat adanya peradangan di kulit daerah leher atau adanya peradangan pada organ dan jaringan daerah kepala dan leher. Gejalanya berupa pembengkakan kelenjar di daerah leher yang terasa nyeri dan sering disertai demam. Pengobatannya dengan obat-obata yang sesuai.
Limfadenitis tbc, terjadi karena adanya infeksi kuman tbc pada kelenjar getah bening di leher. Kuman tbc masuk melalui makanan ke rongga mulut dan melalui tonsil memncapai kelenjar limfe di leher, sering tanpa disertai tanda tbc paru.
Gejalanya berupa benjolan di samping leher kiri atau kanan atau kiri dan kanan sekaligus, benjolan bisa satu buah dan bisa juga beberpa buah sekaligus. Benjolan ukurannya bisa kecil bisa juga besar. Bila mengenai kulit, kulit akan meradang, merah, bengkak, dan sedikit nyeri. Kuliot dapat menipis dan jebol, mengeluarkan cairan seperti keju. Bekas kulit yang jebol bila sembuh dapat terbentuk jaringan parut yang kurang b aik.
Pengobatannya adalah dengan pemberian obat tbc selama 6-9 bulan.
Untuk Bpk Beni, Andri dan Ny. Emi, mungkin anak penyakitnya termasuk salah satu yang saya jelaskan diatas. Namun untuk memastikannya, sebaiknya segeralah periksakan anak sdr ke dokter, agar dapat diperiksa dan didiagnosis penyakit yang sebenarnya sehingga dapat diupayakan pengobatannya sesuai dengan penyakit anak tersebut.
Untuk Ibu Teti, mungkin anak ibu menderita penyakit kista duktus tiroglosus, bila tetap dibiarkan penyakit ini akan makin bertambah besar. Memang penyakit ini tidak pernah menimbulkan rasa sakit, namun benjolan itu sendiri sebenarnya sudah merupakan penyakit. Kelainan ini termasuk tumor jinak, bukan kanker yang membahayakan. Pengobatannya harus dilakukan operasi. Sementara untuk Ibu Endang, kalau sudah dikatakan oleh dokter itu adalah tumor pembuluh darah, berarti anak ibu menderita hemangioma, dan pengobatannya juga harus dengan cara operasi.
Semoga pertanyaannya sudah dapat terjawab. Bila masih kurang jelas, atau diantara para pembaca ada yang ingin bertanya tentang masalah tumor dan kanker, dapat menghubungi HP 081321862268 atau ke Pontianak Post atau ke Klinik Tumor dan Kanker Pontianak (Klinik Rosye Jaya Medika) di Jl.A.R Saleh (BLKI) No. A-5 Pontianak, Telp. 0561-583999..
Untuk konsultasi : 1. Klinik Bedah Onkologi RSUD Dr. Soedarso
2. Klinik Tumor dan Kanker Pontianak

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Askum..
    Selamat malam ...
    Ma'af telah menggangu dok..
    Nama: Maska Aditya
    Umur: 17 bulan.
    Alamat: Banyuwangi. Jatim

    Saya sbgai ayah mau meminta pertolongan kpd Dokter..
    Skitar penyakit kista yg di derita putra saya..
    Benjolan sbesar isi kacang berwarna merah kecoklatan tepat di bawah lidah (belakang gigi depan).

    Menurut dokter ini jenis kista yg berbahaya atau bukan dok?...
    Dan penanganan yg tepat gimana dok?...
    Saya mohon informasinya dari dokter..
    Terima kasih untuk info dari dokter melalui blog..
    Wasallamu allaikum wb..

    BalasHapus